KOTAK PENCARIAN:

Senin, 17 Oktober 2011

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perawatan Diri Ibu Pascasalin di Rumah Sakit

iklan1
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perawatan Diri Ibu Pascasalin di Rumah Sakit:

Perawatan diri pascasalin adalah perawatan terhadap wanita yang telah selesai bersalin sampai alat-alat kandungan kembali seperti sebelum hamil, lamanya kira- kira 6-8 minggu. Kurangnya  perawatan diri masa pascasalin berhubungan erat dengan kejadian infeksi nifas. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perawatan diri Ibu pascasalin yaitu faktor masa lalu, faktor lingkungan, faktor internal, faktor petugas kesehatan, dan faktor pendidikan kesehatan.
Tujuan  dari  penelitian  ini  adalah  untuk  mengidentifikasi  faktor-faktor  yang
mempengaruhi perawatan diri Ibu pascasalin serta mengidentifikasi faktor apa yang  paling   dominan  dalam  mempengaruhi  perawatan  diri  Ibu  pascasalin. Penelitian ini dilakukan pada 13 November-15 Desember 2009 di Ruang V Obgin Rumah Sakit Umum Pirngadi Medan terhadap 61 orang responden.
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  metode  deskriptif  yang bertujuan  untuk  memaparkan faktor-faktor yang  mempengaruhi perawatan diri Ibu pascasalin serta  menggunakan metode korelasi analisa regresi linear ganda dengan sistem backward untuk mengidentifikasi faktor apa yang paling dominan dalam perawatan diri Ibu pascasalin.
Hasil penelitian  diperoleh  46  responden  (75,4%)  menunjukkan  faktor  petugas kesehatan berpengaruh kuat terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi perawatan diri Ibu pascasalin. Faktor yang paling dominan adalah faktor petugas kesehatan dengan nilai F hitung >  F tabel (8,376 > 4,00) dan nilai p-value < sig (0,005 < 0,05). Berdasarkan hasil penelitian ini perawat hendaknya mampu menjalankan peran dan fungsinya sesuai kompetensi dan kebutuhan pasien.

Kata kunci : Ibu pascasalin, faktor perawatan diri Ibu pascasalin.

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA




Tidak ada komentar: