KOTAK PENCARIAN:

Senin, 10 Oktober 2011

Gambaran Penatalaksanaan Cara Menyusui Bayi 0-6 Bulan

iklan1
Gambaran Penatalaksanaan Cara Menyusui Bayi 0-6 Bulan:
Memberikan ASI adalah cara terbaik untuk memberi makanan kepada bayi, memberi ASI juga sangat baik bagi ibu karena tindakan ini dapat mengurangi resiko ibu terhadap beberapa penyakit  seperti kanker payudara dankanker indung telur. Menyusui juga merupakan salah satu cara yang hemat dari pada memberikan susu formula, selain itu menyusui dapat menciptakan ikatan khusus antara ibu dan bayimya (Whalley, Janet, dkk, 2008).
Oleh karena itu salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah bagaimana ibu dapat tetap memberikan ASI kepada bayinya secara eksklusif sampai 6 (enam) bulan dan dapat dilanjutkan sampai anak berumur 2 (dua) tahun. Sehubungan dengan hal tersebut telah ditetapkan dengan Kepmenkes RI No. 450/MENKES/IV/2004 tentang Pemberian Air Susu Ibu (ASI) secara eksklusif pada bayi Indonesia.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat Gambaran Penatalaksanaan Cara Menyusui bayi 0-6 bulan oleh Ibu di BPS Nur Aisyah Sekampung Lampung Timur tahun 2009. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan sampel keseluruhan ibu yang memiliki bayi 0-6 bulan di di BPS Nur Aisyah Lampung Timur pada Juli 2009 berjumlah 38 orang. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa lembar ceklist yang langsung diberikan pada responden.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa Penatalaksanaan Cara menyusui Bayu 0-6 bulan oleh ibu di BPS Nur Aisyah Sekampung adalah sebagai berikut: 1 orang ibu dengan kategori yang baik (2,63%), 25 orang ibu dengan kategori cukup (65,79%), 10 orang dengan kategori kurang (26,32%), dan 2 orang ibu dengan kategori yang tidak baik (5,26%)
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah tingkat Penatalaksanaan ibu dalam menyusui bayi 0-6 bulan di BPS Nur Aisyah Sekampung Kabupaten Lampung Timur pada tahun 2009 secara umum adalah cukup (65,79%).

Kata Kunci : Ibu Balita, Cara Menyusui 

DAFTAR ISI 
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Ruang Lingkup Penelitian
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian
BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Telaah Pustaka
1. ASI
2. Menyusui 
3. Mekanisme Menyusui
4. Beberapa Masalah yang sering terjadi ketika bayi menyusui
5. Keunggulan ASI terhadap Susu Lainnya
6. Tehnik Menyusui
7. Langkah-langkah Menyusui yang Benar
8. Menyendawakan Bayi
B. Kerangka Konsep Penelitian
C. Definisi Operasional
BAB III METODELOGI PENELITIAN
A. Jenis Penelitian
B. Populasi dan Sampel dan Tehnik sampling
C. Instrumen Penelitian
D. Tehnik Pengumpulan Data
E. Pengolahan Data
F. Analisa Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Gambaran Umum BPS Nur Aisyah
1. Jenis Pelayanan
2. Sarana dan Prasarana7
3. Ketenagaan 
B. Hasil Penelitian
C. Pembahasan 

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

DA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI


Tidak ada komentar: