KOTAK PENCARIAN:

Selasa, 11 Oktober 2011

Gambaran Pengetahuan Akseptor KB Pria Tentang MOP

iklan1
Gambaran Pengetahuan Akseptor KB Pria Tentang MOP:
Data berbagai survey menunjukan bahwa pravalensi pengguna kontrasepsi pria masih dibawah dua persen. Data peserta KB pria MOP untuk Kota Metro sampai dengan Bulan Desember 2009 adalah 72 akseptor, dan untuk Kecamatan Metro Barat hanya terdapat 12 akseptor yang terbagi pada empat kelurahan. Untuk Kelurahan Ganjar Asri hanya terdapat 4 orang akseptor KB Pria MOP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan akseptor KB pria mengenai MOP di  Kelurahan Ganjar Asri Kecamatan Metro Barat Kota Metro tahun 2010.

Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan populasi adalah seluruh Pasangan Usia Subur yang ada di Kelurahan Ganjar Asri dengan kriteria sebagai peserta KB Aktif pada saat dilakukannya penelitian yang berjumlah 958 PUS dan pengambilan sampel dengan metode simple random sampling sebanyak 96 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan angket berupa kuisioner dan dianalisa menggunakan rumus persentase.

Hasil penelitian ini diperoleh distribusi frekuensi pengetahuan responden tentang pengertian MOP secara umum dengan kategori yang tidak baik (53,12%), tentang pelaksanaan MOP dengan kategori yang tidak baik (51,04%), tentang keuntungan MOP  dengan kategori yang tidak baik (54,17), dan tentang kerugian MOP juga dengan kategori yang tidak baik (58,33%). 

Kesimpulan dari penelitian ini bahwa gambaran pengetahuan akseptor KB pria tentang MOP secara umum adalah dengan pengetahuan yang tidak baik,  sehingga dapat disarankan bagi petugas kesehatan untuk dapat lebih meningkatkan upaya promotif guna mensosialisasikan kontrasepsi MOP agar minat akseptro untuk menggunakannya dapat lebih meningkat.

Kata kunci : Pengetahuan – Kontrasepsi MOP

DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
1.1   Latar Belakang
1.2   Identifikasi Masalah
1.3   Masalah dan Permasalahan
1.4 Tujuan Penelitian
1.5 Manfaat Penelitian
1.6 Ruang Lingkup Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
2.1 Pengetahuan
2.2 Keluarga Berencana
2.3 Akseptor KB
2.4 Vasektomi
2.5 Kerangka Teori

BAB III KERANGKA KONSEP DAN DEFINISI OPERASIONAL
3.1 Kerangka Konsep
3.2 Definisi Operasi Operasional
BAB IV PETODOLOGI PENELITIAN
4.1 Rancangan Penelitian
4.2 Subjek Penelitian
4.3 Lokasi dan Waktu Penelitian
4.4 Pengolahan Data
4.5 Analisis Data

BAB V HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
5.1 Hasil Peneltian
5.1.1 Gambaran Umum Lokasi Penelitian
5.1.2 Pengolahan Data
5.2 Pembahasan

BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN
6.1 Kesimpulan
6.2 Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI



Tidak ada komentar: