KOTAK PENCARIAN:

Senin, 17 Oktober 2011

Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Mental Menurut Skala Yaumil Mimi Pada Anak Usia 3-4 Tahun

iklan1
Gambaran Pengetahuan Ibu Tentang Perkembangan Mental Menurut Skala Yaumil Mimi Pada Anak Usia 3-4 Tahun:

Perkembangan mental yang baik saat balita sangat menentukan dan merupakan dasar untuk perkembangan selanjutnya sampai menginjak remaja. Untuk mendorong perkembangan yang baik harus ditunjang dengan kesehatan dan gizi yang cukup sejak masa kehamilan, balita dan masa pra-sekolah. Selain itu diperlukan juga rangsangan yang cukup baik dalam kwalitas maupun kuantitas.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui gambaran pengetahuan ibu tentang perkembangan mental menurut skala Yaumil Mimi pada anak usia 3-4 tahun yang akan dilaksanakan di Desa Banjar Kertahayu Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif guna menggambarkan pengetahuan tentang perkembangan mental menurut skala Yaumil Mimi dengan populasi penelitian yaitu ibu yang memiliki anak 3-4 tahun yang berjumlah 86 orang, dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah keseluruhan dari populasi sebanyak 86 orang yang diambil dengan tehnik total sampling sampling. Variabel yang diteliti adalah pengetahuan ibu tentang perkembangan mental dengan instrumen pengumpulan data angket berupa kuisioner yang kemudian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar pengetahuan ibu tentang perkembangan mental menurut skala Yaumil Mimi pada anak usia 3-4 tahun di Desa Banjar Kertahayu Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010 adalah kurang sebanyak 53 ibu (61,63%), kemudian cukup sebanyak 23 ibu (26,74%), baik sebanyak 7 ibu (8,14%) dan yang terkecil adalah tidak baiksebanyak 3 ibu (3,49%).
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa gambaran pengetahuan ibu tentang perkembangan mental menurut skala Yaumil Mimi pada anak usia 3-4 tahun di Desa Banjar Kertahayu Kecamatan Way Pengubuan Kabupaten Lampung Tengah tahun 2010 secara umum adalah kurang. Dari kesimpulan tersebut maka dapat disarankan kepada para ibu untuk dapat lebih peningkatkan pengetahuannya dengan bertanya kepada tenaga kesehatan yang ada di desanya.

Kata kunci : Pengetahuan, Perkembangan Mental, Skala Yaumil Mimi

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar: