KOTAK PENCARIAN:

Selasa, 11 Oktober 2011

Gambaran Pengetahuan Ibu yang Memiliki Bayi Umur 0-1 Tahun Tentang ISPA

iklan1
Gambaran Pengetahuan Ibu yang Memiliki Bayi Umur 0-1 Tahun Tentang ISPA:
Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA) merupakan “Suatu penyakit Inpeksi yang menyerang saluran pernafasan mulai dari hidung sampai paru-paru dan bersifat akut”. ISPA merupakan masalah kesehatan karena penyakit ISPA merupakan salah satu penyebab utama morbiditas dan mortalitas pada golongan usia balita. ISPA di Indonesia menempati urutan pertama penyebab kematian bayi dan balita. Survey mortalitas yang dilakukan oleh Subdit ISPA tahun 2007 menempatkan ISPA (pneumonia) sebagai penyebab kematian dengan presentasi 22,30% dari seluruh kematian balita. Kejadian ISPA terkait erat dengan pengetahuan tentang ISPA yang dimiliki oleh masyarakat khususnya ibu, karena ibu sebagai penanggungjawab utama dalam pemeliharaan kesejahteraan keluarga.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendapat gambaran Pengetahuan Ibu Yang Memiliki Bayi Umur 0-1 Tahun tentang ISPA di Puskesmas Pekalongan Lampung Timur Tahun 2010, dengan subjek penelitian adalah ibu yang memiliki balita 0-1 tahun dan objek penelitian pengetahuan tentang ISPA.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan populasi adalah seluruh Ibu Yang Memiliki Bayi Umur 0-1 Tahun di Puskesmas Pekalongan yang berjumlah 149 siswa dan pengambilan sampel dengan tehnik total sampling sehingga sampel yang diambil sebanyak 149 orang ibu. Untuk mengumpulkan data penulis menggunakan metode angket dan alat ukur berupa kuisioner untuk mengukur tingkat pengetahuan.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan didapat hasil bahwa tingkat pengetahuan Ibu Yang Memiliki Bayi Umur 0-1 Tahun tentang ISPA di Puskesmas Pekalongan Lampung Timur Tahun 2010 sebagian besar adalah dengan pengetahuan kurang yaitu sebanyak 78 orang ibu (52,35%), pengetahuan cukup sebanyak 53 orang ibu (35,57%), pengetahuan baik sebanyak 15 orang ibu (10,07%) dan paling sedikit pengetahuan kurang sekali sebanyak 3 orang ibu (2,01%)
Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini Gambaran Pengetahuan Ibu Yang Memiliki Bayi Umur 0-1 Tahun tentang ISPA di Puskesmas Pekalongan Lampung Timur Tahun 2010 secara umum adalah dengan pengetahuan kurang.

Kata Kunci : Pengetahuan, Ibu Balita 0-1 Tahun, ISPA

DAFTAR ISI:

BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Ruang Lingkup Penelitian
D. Tujuan Penelitian
E. Manfaat Penelitian

BAB II TINJAUAN PUSTAKA
A. Telaah Pustaka
1. Pengetahuan
2. ISPA
B. Kerangka Konsep
C. Definisi Operasional

BAB III METODELOGI PENELITIAN
A. Rencana Penelitian
B. Populasi dan Sampel
1. Populasi
2. Sampel
C. Waktud an Tempat Penelitian
D. Variabel Penelitian
E. Alat Ukur dan Pengukuran Variabel
F. Tehnik Pengumpulan Data
G. Analisis Data

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAM
A. Hasil Penelitian
1.  Gambaran Umum Lokasi Penelitian
2.  Hasil Penelitian
B. Pembahasan

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN

ANDA TERTARIK DENGAN JUDUL KTI DI ATAS ....... 
SILAHKAN ANDA PESAN KESELURUHAN ISI KTI DI



Tidak ada komentar: