KOTAK PENCARIAN:

Senin, 17 Oktober 2011

Hubungan antara paritas ibu hamil dengan kepatuhan dalam melakukan imunisasi TT di Puskesmas

iklan1
Hubungan antara paritas ibu hamil dengan kepatuhan dalam melakukan imunisasi TT di Puskesmas:

Tetanus disebabkan oleh toksin yang diproduksi oleh bakteri yang disebut Clostridium tetani. Tetanus merupakan salah satu penyebab kematian bayi di Indonesia. Program yang telah terbukti efektif untuk menekan angka kesakitan dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah adalah dengan imunisasi. Salah satu imunisasi yang diberikan kepada wanita usia subur dan ibu hamil adalah imunisasi TT yang berguna untuk mencegah terjadinya tetanus.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara paritas ibu hamil dengan kepatuhan dalam melakukan imunisasi TT di Puskesmas Sekampung Kabupaten Lampung Timur periode Januari-Juni 2011. Penelitian ini bersifat analitik, subjek penelitian yaitu ibu hamil Trimester III, sedangkan objek penelitiannya adalah paritas ibu hamil dan kepatuhan dalam melakukan imunisasi TT.
Populasi pada penelitian ini yaitu 104 ibu hamil, sedangkan sampel yang diambil adalah seluruh jumlah populasi (total sampling). Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar checklist. Data diperoleh berupa data sekunder yang ada di Puskesmas Sekampung mengenai imunisasi TT dalam bentuk Register Kohort ibu. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil di Puskesmas Sekampung Kabupaten Lampung Timur  periode Januari-Juni 2011 sebanyak 104 responden sebagian besar adalah grandemultigravida (35,58%) dan tidak patuh dalam melakukan imunisais TT (62,52%). Berdasarkan hasil uji statistik menggunakan uji chi square didapatkan nilai 2hitung  sebesar 6,747 dan nilai 2tabel  dengan dk = 2 sebesar 5,991. Karena 2hitung (6,747)¬ > 2tabel (5,991), maka Ho ditolak Ha terima, artinya terdapat hubungan antara paritas dengan kepatuhan dalam melakukan imunisasi TT pada ibu hamil.
Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah ibu hamil di Puskesmas Sekampung adalah sebagain besar dengan paritas grandemultigravida dan tidak patuh dalam melakukan imunisasi TT serta terdapat hubungan antara paritas dan kepatuhan tersebut, sehingga dapat disarankan kepada para petugas kesehatan untuk dapat meningkakan upaya penyuluhan kepada para ibu mengenai manfaat dari imunisasi TT tersebut. 

Kata Kunci : Paritas, ibu hamil, imunisasi TT

Anda tertarikUntuk melakukan penelitian yang sama dengan penelitian di atas
ANDA DAPAT MEMILIKI KESELURUHAN ISI KTI : PESAN SEKARANG JUGA



Tidak ada komentar: