KOTAK PENCARIAN:

Senin, 17 Oktober 2011

Metode Kanguru

iklan1
Metode Kanguru:

Defenisi
Metode Kanguru adalah :  Metode perawatan dini dengan sentuhan kulit ke kulit antara  ibu  dan  bayi  baru  lahir  dalam  posisi  seperti  kanguru,  yang  tersedia  secara universal  baik  secara  biologis,  yang  mampu  memenuhi  kebutuhan  asasi  bayi  baru lahir.(www.perinasia-metode kanguru -2009)

Manfaat metode kanguru :
a.Manfaat pada ibu
Metode kanguru memberikan keamanan dan kedamaian pikiran bagi ibu, karena dia  mengetahui  bahwa  bayinya  tetap  bersamanya  dan  aman,  dan  dia  memberikan perawatan   yang   terbaik   untuk   bayinya.   Kontak   kulit   dengan  kulit   yang   dapat meningkatkan  hubungan  emosi  ibu  dan  anak,  ibu  bangga  karena  dengan  memberi metode kanguru  mampu memenuhi kebutuhan asasi bayinya.(Henderson, 2006).

b.Manfaat pada bayi
Memiliki tingkat oksigen dan pernapasan yang  stabil,  mengurangi stres pada bayi,  menstabilkan suhu tubuh, bayi aman dalam kontak kulit dengan kulit dan ikatan ibu dan bayi dibentuk lebih awal. Dengan ini berarti bayi akan menerima stabilitas emosional jangka panjang yang lebih baik (Bergman,2005).

Kriteria bayi yang dilakukan metode kanguru :
Tidak ada kelainan atau penyakit yang menyertai, refleks dan koordinasi  mengisap dan menelan yang baik, kesiapan dan keikutsertaan orangtua.

Persiapan ibu dan bayi sebelum melakukan metode kanguru: 
ibu memakai ukuran baju yang lebih besar /longgar, bayi dipakaikan topi, popok dan kaus kaki.

Cara  melakukan  metode  kanguru: 
letakkan  di  dada  ibu  dengan  posisi tegak langsung ke kulit ibu dan pastikan kepala bayi sudah terfiksasi pada dada ibu/ letakkan diantara payudara ibu, posisikan bayi dengan siku dan tungkai tertekuk, kepala dan dada bayi terletak di dada ibu dengan kepala agak sedikit mendongak. Baju ibu ditangkupkan kemudian ibu memakai selendang yang dililitkan ke perut ibu agar bayi tidak terjatuh ( World Health organizoation 2003)

Tidak ada komentar: